8 Alasan Puting Payudara Sakit Bila Tersentuh

puting payudara sakit bila tersentuh

Kamu mungkin pernah merasakan puting payudara sakit bila tersentuh tanpa sengaja maupun sengaja. Kira-kira apa alasan rasa sakit di putting tersebut muncul ya? Berikut kami berikan 8 alasannya!

  1. Gesekan

Gesekan pada puting bisa menjadi alasan kenapa puting terasa sakit saat disentuh. Gesekan bisa terjadi jika puting bergesekan dengan kemeja atau bra yang tidak pas selama beraktivas olahraga, seperti berlari, selancar atau memainkan bola basket.

Tak hanya rasa sakit, biasanya kulit area puting akan kering hingga pecah-pecah.Selain itu, periode olahraga yang lebih lama akan mengakibatkan periode gesekan yang lebih lama juga, sehingga rasa sakit akan meningkat.

  1. Infeksi

Akan ada kemungkinan mendapatkan infeksi jamur pada puting yang disebabkan oleh jaumur Candida albicans. Hal tersebut bisa mengakibatkan kerusakan jaringan di area puting. Rasa sakit yang dirasakan seperti terbakar dan menyengat. Warna puting akan berwarna merah muda cerah dan areola kemerahan dan bersisik. Jika tersentuh, rasa sakit akan semakin terasa. 

Banyak wanita menyusui yang mengalami infeksi ini dan rasa sakit yang tajam dan panas akan segera muncul setelah selesai menyusui. Infeksi ini harus segera diobati dengan antibiotik yang diresepkan dokter.

  1. Alergi

Alergi juga menjadi salah satu alasannya. Ciri jika puting mengalami alergi adalah kulit bersisik, berkerak atau melepuh. Alergi bisa disebabkan oleh produk rumah tangga, seperti deterjen, sabun mandi, body lotion, pelembut kain, dan parfum. Krim anti inflamasi bisa mengobati kasus alergi ringan.

  1. Kontak Seksual

Kontak seksual menjadi alasan puting payudara sakit bila tersentuh selanjutnya. Gesekan tubuh atau aktivitas seksual yang melibatkan puting bisa menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit ini bersifat sementara dan hanya perlu diobati oleh pelembab atau pelindung puting.

  1. Hormonal

Perubahan hormonal yang terjadi setiap siklus menstruasi bulanan wanita juga menjadi salah satu alasan penting mengapa puting terasa sakit saat disentuh. Biasanya dirasakan saat menjelang menstruasi dimulai.

Ketika peningkatan kadar estrogen dan progesteron menarik lebih banyak cairan ke payudara maka akan menyebabkan payudara bengkak. Rasa sakit akan hilang ketika menstruasi sudah dimulai, jika masih berlanjut maka hubungi dokter.

  1. Kanker

Jika nyeri puting hanya di bagian salah satu payudara saja, maka harus dicuragai bahwa ada indikasi kanker. Gejala yang muncul, yaitu nyeri, keluarnya cairan kuning pada puting,sensasi gatal atau kesemutan, dan kulit bersisik kemerahan.

  1. Hamil

Nyeri puting juga akan terasa selama kehamilanmu. Payudara akan menjadi lebih besar dan terasa sakit. Puting dan areola akan menjadi gelap dan sakit, serta benjolan kecil mungkin akan muncul di sekitar puting.

Bra yang pas bisa membantu mengurangi gesekan dan mengurangi rasa sakit. Bra tidur juga akan mengurangi rasa sakit setelah bayi lahir. Kamu juga bisa menggunakan gel pendingin guna menenangkan puting yang meradang.

  1. Menyusui

Alasan terakhir adalah karena kamu sedang menyusui. Biasanya diakibatkan oleh cara menyusu si bayi karena puting akan menempel pada gusi dan langit-langit mulutnya. Bayi yang mulai tumbuh gigi adalah penyebab potensial lain dari nyeri puting karena mereka bisa menggigit puting. 

Penggunaan pompa payudara juga menyebabkan puting nyeri. Rasa sakit mungkin terjadi karena banyaknya pemompaan yang dilakukan dan menggunakan pelindung puting yang tidak pas. Jadi, pakailan pompa payudara yang pas.Itulah 8 alasan mengapa puting payudara sakit bila tersentuh. Jadi, ada beberapa alasan yang bisa dikatakan cukup normal, namun ada juga yang mengindikasikan suatu penyakit. Untuk tahu alasan detailnya bisa tanyakan pada dokter.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*